-->
logo blog

Thursday 27 July 2017

Mengenal Peralatan Jaringan Komputer dan macam macam network device serta fungsinya


Networking Device (Peralatan Jaringan) merupakan Bagian peralatan yang menguhubungkan pada bagian jaringan computer.

Perangkat tersebut digologkan dua bagian
End-user devices
Network devices

End-user: peralatan berupa Komputer, printers, scanner, dan peralatan lain yang berhubungan langsung dengan user. Network devices: alat yang menghubungan dari peralatan end-user ke peralatan komunikasi selanjutnya.

MACAM-MACAM NETWORK DEVICE & FUNGSINYA

1. NIC / Network Interface Card merupakan rangkain berbentuk kartu yang berfunsi sebagai antar muka yang menghubungkan ke jaringan. Kartu ini terpasang di computer.
2. Hub berfungsi Untuk mengubungkan sekelompok komputer serta dari kartu jaringan computer (Host) ke HUB.
3. Switch sama degan HUB hanya bedanya dilengkapi dengan pengaturan sistem operasi yang manpu mengatur lalulintas data. Menperkecil wilayah tabrakan.
4. Router berfungsi untuk menhubungan jaringan satu ke jaringan lainnya, Penjaluran packet suatu data dari jaringan satu ke jaringan berikutnya.

TERPOPULER

5. Bridge adalah relay atau interconnecting device yang digunakan untuk menggabungkan beberapa LAN, Bridge juga transparan terhadap IP, artinya apabila suatu host mengirim IP datagram ke host yang lain, IP tidak akan diawasi oleh bridge dan langsung cross ke host yang dituju. Bridge dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi berbeda dan/atau medium access control yang berbeda.
6. Repeater Digunakan untuk menghitung pelemahan yang terjadi ketika sinyal telah melewati jarak yang jauh (misalnya, melewati lautan). Dengan kata lain, repeater seharusnya digunakan untuk menambahkan jarak dari network, bukan kepadatannya.

Semua network device saling keterkaitan satu sama lain seperti perangkat yang digunakan untuk mengatur sebuah LAN (Local Area Network) merupakan tipe perangkat jaringan yang digunakan secara umum oleh masyarakat luas. LAN membutuhkan sebuah hub, router, teknologi pengkabelan atau sinyal radio (wireless), kartu jaringan (network cards) dan juga sebuah modem.


EmoticonEmoticon