-->
logo blog

Friday 23 December 2016

Kelebihan dan kekurangan Open Office


Sebagian orang awam dengan open office ini , mungkin kebanyakn orang hanya mengenal Microsoft office saja , oke pada post kali ini saya akan mengenalkan open office dan keuntungan nya mengunakan open office.
OpenOffice  adalah seperangkat perangkat lunak perkantoran yang di dalamnya terdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah lembar kerja (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, database, dan formula editing.
OpenOffice dikembangkan oleh Komunitas OpenOffice yang didirikan oleh Sun Mycrosystems. 

OpenOffice merupakan perangkat lunak yang gratis dan open source. Karena itu siapapun bisa menggunakannya tanpa dipungut biaya, dan karena open source, siapapun bisa mengakses kode sumber yang membangunnya.


Sejak mei 2004 OpenOffice  sudah tersedia lebih dari 27 bahasa dan sudah mendukung bahasa Asia termasuk di dalamnya adalah China, Jepang, dan Korea. Selain itu, juga tersedia untuk berbagai sistem operasi terkemuka yang banyak digunakan oleh masyarakat pengguna komputer, yakni Windows, Linux, Solaris, FreeBSD, IRIX, dan Mac OS.

Kelebihan menggunakan Open Office dibandingkan Microsoft Office, yaitu :

-Adanya Source Code, yaitu tersedia dan bisa dimanfaatkan dengan sangat fleksibel. Dari segi lisensi, ini artinya pengguna tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli lisensi penggunaan.
-Multi flatform, yaitu dapat berjalan pada Windows, Macintosh, Linux, UNIX, BSD.
-Kompatibel dengan Microsoft Office dan format office lainnya, artinya dapat membuka dan memodifikasi dokumen yang di simpan dalam format word (.doc/.docx).
-Sangat customizeable, yaitu user dapat mengedit dan mengganti menu bar default.

Kekurangan menggunakan Open Office dibandingkan Microsoft Office, yaitu:

-Open Office menyedot daya lebih besar sehingga harus memiliki Spek komputer yang lumayan tinggi.
-Open Office mampu membuka file Office, namun Office tidak bisa membuka file OpenOffice. File --Office  yang dibuka pun terbatas, dan tidak selalu sama tampilannya bila dibuka dengan Office.Terkadang  malah menjadi berantakan.
-Tidak ada Page Art Bordernya.

Oke itulah kelebihan dan kekurangan menggunakan open office , jadi buat kalian yang masih ragu ragu menggunakan open office ini saya harap setelah membaca artikel ini ada perubahan fikiran hehe sekian dan terimakasih
Wasallamualaikum wr.wb


EmoticonEmoticon