-->
logo blog

Monday 21 January 2019

Siap siap koneksi 5G akan hadir di 2019, Indonesia termasuk?


GIGAnesia - Salam sejahtera buat kita semua, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai teknologi yang akan hadir di 2019 ini, teknologi ini tentunya sangat berguna dan sangat bermanfaat untuk kita semua, terutama bagi orang orang milenial yang setiap hari membutuhkan koneksi internet. yaps tanpa basa basi lagi kita akan membahas koneksi internet 5G.

Mungkin untuk saat ini kita masih mengenal koneksi sampai 4G saja, karena memang koneksi 5G masih belum resmi di kenalkan ke masyarakat luas.

Bicara mengenai koneksi mungkin kita sudah dimanjakan dengan ngebutnya koneksi 4G, mungkin anda bisa membayangkan bagaimana nantinya jika koneksi internet 5G sudah dipakai oleh masyarakat luas hehe.

Memang bukan hal aneh akan hal ini, karena memang teknologi tidak ada habisnya setiap tahun pasti ada hal hal yang baru, bahkan ada yang tidak masuk akal, dan mengenai itu seharusnya kita menanggapi dengan santai dan bahagia bukan? hehe

5G atau juga yang dikenal sebagai 5G New Radio (NR), merupakan generasi kelima jaringan komunikasi yang memberikan pengalaman berselancar jauh lebih cepat dari generasi-generasi sebelumnya.

Memangnya seberapa cepat koneksi 5G?



Jawabannya, tergantung pada tempat dimana kalian tinggal (kondisi geografis) serta provider yang digunakan.Karena setiap provider memiliki jumlah dan tempat BTS yang berbeda, tetapi secara teoritis kecepatan unduh 5G sekitar 20 kali lebih cepat dibandingkan dengan koneksi 4G LTE.
Apabila digambarkan untuk mengunduh sebuah film dengan kualitas HD, maka hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 40 detik. Sedangkan berdasarkan uji coba yang telah dilakukan oleh Qualcomm sendiri, menyatakan bahwa hanya membutuhkan waktu 17 detik saja.
Selain itu juga katanya, kecepatan paling 'rendah' 5G sebesar 5Gbps (Giga bit per detik). Tidak heran jika koneksi 5G disebut sebagai Multi-Gigabit.

Apa hanya itu saja?

5G bukan hanya sekedar soal kecepatan saja. Melainkan telah mengubah cara dunia dalam menghubungkan, berkomunikasi, menghitung sehingga mendorong perkembangan teknologi di berbagai industri. Jaringan 5G dirancang dengan memiliki kemampuan yang disebut sebagai, Ultra Reliable Low-Latency Communication (URLLC). Maksudnya adalah jaringan 5G ini mampu mengurangi latensi hingga beberapa milidetik, dan memberikan sinyal yang lebih andal dari aktivitas pemborosan paket data (dalam hal ini andal yang dimaksudkan adalah lebih hemat).
"Bagi kalian yang tidak tahu apa itu latensi, latensi adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyampaikan paket data dari si pengirim kepada si penerima. Misalnya, ketika kalian sedang melakukan panggilan video secara langsung.

Jika latensi yang dimiliki kecil, maka video yang ditampilkan tidak akan mengalami jeda (delay)."
Meski hanya dengan kecepatan milidetik yang tidak dirasakan oleh pengguna, tetapi siapa yang menyangka kalau hal itu justru sangat penting bagi kemajuan teknologi di kehidupan nyata. Seperti Pengendalian jarak jauh, Sistem transportasi cerdas, Internet untuk segalanya (IoT), AR maupun VR dan masih banyak lagi.

Kapan jaringan 5G dikomersialkan?

Pada tanggal 21 Desember 2018 lalu, perusahaan AT&T asal Amerika Serikat ini menjadi perusahaan pertama yang memperkenalkan layanan broadband 5G di 12 kota dengan menggunakan perangkat WiFi yang bernama Nighthawk 5G Mobile Hotspot buatan Netgear.
Jadi, perusahaan Netgear ini yang menyediakan perangkat sedangkan perusahaan AT&T yang menyediakan jaringannya.

Sedangkan khusus bagi pengguna Smartphone, dijadwalkan akan siap terkoneksi secara langsung pada akhir kuartal kedua di tahun 2019 beserta dengan peluncuran smartphone yang telah mendukung koneksi 5G. Namun, pada awal peluncurannya akan lebih dulu ditujukan untuk ponsel segmen premium. Karena hingga saat ini hanya chipset Snapdragon 855 saja yang dapat menggunakan layanan 5G di smartphone.

Bagaimana dengan Indonesia?

Ini nih yang pasti sobat tunggu-tunggu.
Sayangnya, hal itu masih tidak diketahui secara pasti, Soalnya untuk membangun jaringan 5G membutuhkan biaya yang sangat besar. Lagi pula provider tanah air masih belum sepenuhnya balik modal karena jaringan 4G di Indonesia sendiri yang masih tergolong baru untuk akses secara langsung. Namun, menurut saya pribadi pengguna internet di Indonesia akan merasakan koneksi 5G paling cepat pada awal tahun 2020 nanti. Sama seperti di Amerika Serikat, hal itu akan diawali dengan peluncuran perangkat WiFi yang baru kemudian disusul oleh perangkat smartphone di segmen kelas menengah ke atas.

Itulah sedikit penggalan artikel tentang "Siap siap koneksi 5G akan hadir di 2019".
Bagaimana pendapat anda ? Siap siap berselancar lebih kencang dan lebih wusss, sekian dan terimakasih.


EmoticonEmoticon