-->
logo blog

Thursday 24 January 2019

Daftar mahar pernikahan termahal di indonesia betawi termasuk !!!



GIGAnesia – Pernikahan adalah hal sakral bagi semua orang, semua orang ingin merasakan yang namanya menikah, siapa yang tidak ingin merasakan raja dan ratu pada setiap pernikahannya.
Menikah juga salah satu tujuan setiap orang, karena menikah adalah kunci untuk membangun sebuah rumah tangga, apa lagi yang sudah berusia di atas 20 tahun, biasnya ingin cepat-cepat merasakan menikah bukan?? Bukan Cuma wanita saja yang ingin merasakan hal itu. Jangan salah pria juga ingin merasakan hal yang sama jika semua yang ia kejar sudah di dapatkan.

Tapi tau kan anda setiap adat mempunyai nilai mahar pernikahan yang berbeda-beda?

Hal itu memang sedikit menciutkan nyali pria untuk membangun sebuah rumah tangga, setiap adat pasti memiliki aturan yang sudah di lakukan dari turun temurun.
Memang masih ada orang yang mengabaikan hal itu, dan hanya sebagian orang saja yang mampu melaksanakannya. Bayangkan saja jika semua mahar pernikahan itu WAJIB di ikuti, mungkin banyak jomlo jomlo tua yang berkeliaran di negara berkembang ini.

Daftar mahar pernikahan termahal di indonesia

1. Adat Banjar

Orang Banjar di Kalimantan Selatan harus memberi jujuran kepada calon istri sebelum menikah. Jujuran itu bisa emas atau uang. Semakin tinggi tingkat pendidikan sang mempelai, maka semakin besar pula jujuran yang harus diberikan. Jujuran sendiri diberikan sebagai tanda keseriusan calon mempelai pria untuk meminang mempelai wanita.

2.Adat Sasak, Lombok

Di suku Sasak, uang mahar ditentukan berdasarkan jarak rumah serta tingkat pendidikan si calon istri. uang mahar pernikahan  tak hanya bisa diberi dalam bentuk uang saja melainkan bisa juga dalam wujud hewan ternak atau kebutuhan lainnya. Seperti sapi, kerbau, beras, emas dan barang berharga lainnya.

3.Mahar dari Adat Aceh

Di Aceh, mahar pernikahan disebut dengan Mayam. Mayam diberikan oleh pihak pria ke pihak perempuan. Mayam merupakan mahar berbentuk emas. satu mayam setara dengan emas seberat 3,3 gram. Biasanya, pria akan memberikan mayam sekitar 3 hingga 30 mayam pada mempelai wanita
.
4.Mahar di Padang Pariaman

Di Padang Pariaman, mahar justru diberikan oleh pihak perempuan kepada pria. Mahar ini disebut juga dengan Japuik. Japuik ini dapat diberikan dalam bentuk  uang, barang berharga atau benda berharga lainnya. Seperti rumah, tanah dll

5. Adat Bugis

Jika kalian ingin menikahi gadis Bugis, maka Anda harus siap-siap tercengang dengan jumlah mahar yang harus diberikan kepada calon istri. Mungkin juga Adat Bugis menjadi  mahar pernikahan termahal di indonesia . Masyarakat Bugis mematok mahar sesuai dengan tingkatan derajatnya hingga tingkat pendidikannya. Semakin tinggi pendidikannya, maka semakin mahal pula maharnya.

Adat Pernikahan Bugis
Misalnya saja untuk seorang gadis yang telah menyelasaikan pendidikan S1, patokan maharnya seharga lebih dari Rp 50.000.000. Lalu bagaimana dengan lulusan S2? Tentu saja harganya akan lebih mahal, bisa mencapai Rp. 75.000.000 - Rp.100.000.000,-. Jumlah yang cukup fantatstis bukan?

6. Adat Betawi

Adat betawi menjadi salah satu mahar pernikahan termahal di indonesia, memang tidak semahal mahar yang sudah saya bahas di atas, biasanya pihak pria membawa mahar sesuai dengan kesepakatan pihak wanita, tentunya bisa berupa uang, barang berharga atau emas. Hanya saja hal ini jarang sekali di lakukan oleh orang betawi, hanya sebagian orang saja yang  masih menjalankannya, biasanya dari kalangan orang kaya/keluarga besar/orang ternama.

Oke, itu lah sedikit pengetahuan mengenai mahar pernikahan termahal di indonesia perlu di ketahui mahar yang di bahas adalah untuk maskawin saja beda dengan uang pesta dsb.
Uang mahar pernikahan biasanya akan diserahkan kepada calon mempelai atau keluarga mempelai.

Sebenarnya menikah itu murah yang menjadikan mahal adalah Adat dan Gengsi saja paham kan? Hehe, jangan terlalu serius ah admin juga belum menikah ko hehe, untuk pria sejati semnagat terus untuk mewujudkan apa yang di cita citakan, ingat jangan main kotor hanya karena ingin menikah, jadikan pernikahanmu menjadi pernikahan yang sakral dan bisa di jadikan kenang-kenangan yang tidak bisa terlupakan.

Semoga bermanfaat, artikel  Daftar mahar pernikahan termahal di indonesia  ini dibuat dari beberapa sumber yang admin kumpulkan dan di jadikan menjadi satu.


EmoticonEmoticon