-->
logo blog

Wednesday 23 August 2017

Display Text Kolaborasi antara ATMEGA328P dan sensor LDR


ATMEGA328P dan sensor LDR 

GIGAnesia
- Pernah melihat Digital Display Text atau Running Text? Yah mungkin yang biasa kalian temui adalah Running Text nya bukan? Akan tetapi untuk Running text yang biasa ditemui itu merupakan running text dengan konsep IC saja. Nah disini kita akan membahas mengenai konsep Digital Display dengan kolaborasi Arduino type ATMEGA328P dengan menggunakan sensor LDR dan juga motor.

Untuk Alat-alat yangakan digunakan sendiri tidak terlalu banyak, kalian cukup menyediakan list alat dibawah ini :

1. ATMEGA329P
3. Motor
4. Sensor LDR
5. LED
6. Wire Bus
7. Resistor 10k (untuk resistor pastikan dengan ukuran 10k, atau jika tidak ada gunakan yang mendekati)

Untuk perangkat lunaknya sendiri kita membutuhkan Simulator Proteus, guna meminimalisir terjadinya konsleting yang mengakibatkan rusaknya komponen yang akan digunakan, dan juga kita membutuhkan aplikasi arduino untuk mengset code board arduino nya. 

HOW TO MAKE DISPLAY TEXT USING ATEMEGA328P and LDR

Dan setelah alat-alat sudah lengkap kita akan memulai dengan membuat rangkaikan dengan simulator proteus. Disini hasil antara simulator dan realnya tidak jauh berbeda bahkan cenderung sama, so jika rangkaian di simulatornya berjalan sesuai perintah yang kita set di arduino. maka secara reality prototype akan berjalan.

Langkah pembuatan
  • Langkah pertama ada menyusun komponen Arduino, LCD, Motor, Sendor, dan juga resistor menjadi sebuah rangkaian seperti gambar dibawah ini, gunakan wire bus untuk menghubungkan komponen (see kabel berwarna biru).

  • Setelah itu buka Aplikasi arduinonya
  • Dan ketikkan source code dibawah ini
#include <LiquidCrystal.h>
LiquidCrystal lcd(12,11,10,9,8,7); 
int ldr=A5; int motor=A4; 
 void setup () 

pinMode (A4, OUTPUT); 
lcd.begin(16,2);
lcd.setCursor (0,0);
 lcd.print ("assalamu'alaikum :D ");
 } 
 void loop()
{
 if (digitalRead(ldr)==1) 
{
 digitalWrite (A4,HIGH); 
lcd.setCursor (2,1);
 lcd.print (LED MATI :D "); 
}
}

output dari kodingan 

  • Setelah itu compaile program dan cari file .hex nya dan copy link tempat file berada. Kemudian buka rangkaian simulasi di proteus kita lalu double klik pada ATMega nya dan pastekan link tadi kolom program file.

  • Kemudian kembali ke aplikasi simulatornya, pada board arduinonya kalian double klik saja kemudian pastekan alamat penyimpanan file .hex nya setelah itu simpan.
  • Setelah mensetting board lakukanlah pengompailan maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

  • Setelah dipastikan simulator berjalan dengan sempurna silahkan praktekkan ke rangkaian realnya, dengan susunan rangkaian yang sama.
  • Hubungkan board arduino dengan kabel data ke Laptop kalian setelah itu pada aplikasi arduino yang tersimpan settcode yang kita buat tadi lalukanlah proses upload dan tunggu hingga prosess upload selesai. 

Setelah prosess uploading selesai secara otomatis jika sensor LDR di dekatkan maka akan muncul tampilan Assalamu’alaikum LED menyala. Untuk prosses pembuatan prototyoe ini yang harus diperhatikan adalah pemasangan LCD jangan sampai terbalik menentukan VCC dan GND nya. Apabila salah maka bisa berakibat fatal yaitu kerusakan pada LCD nya. 

So Let’s Try It


EmoticonEmoticon