-->
logo blog

Sunday 23 April 2017

Tutorial Installasi Linux pada VirtualBox

Selamat malam postingan kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara installasi Linux pada VirtualBox. dimana kali ini saya akan melakukan penginstallan linux ubuntu pada virtual.
baik langsung saja simak tutorial di baawah ini agar tak usah basa basi banyak pendekatan tapi tidak ada kejelasan yuhuuuuu...

yang pertama yang harus kalian siapkan adalah :
1. Komputer yang terhubung dengan Listrik tentunya
2. ISO linux versi Ubuntu
3. VirtualBox

kemudian setelah itu langkah langkah penginstallan saya jelaskan step by step.
1. Pastikan komputer sudah terinstall sistem opersi terlebih dahulu baik iitu windows maupun Linux.
di sini admin menggunakan SO linux.
2. Kemudian pastikan juga di dalam sistem operasi tersebut memiliki virtualbox. Jika belum terinstall maka install terlebih dahulu karena kita akan menginstall sistem operasi Ubuntu di dalam sistem operasi.
1.   3. Jika sudah siapkan ISO linux Ubuntu.
4.  4. Setelah itu bukalah virtualbox stelah muncul halaman utama virtualbox klik tombol new
5   5. Maka akan muncul tampilan dibawah ini

g   6. Isi kolom nama sesuai keinginan kalian. Kemudian isikan type dari system opersinya karena disini kita akan mengintall linux maka saya isikan linux kemudian jangan lupa isikan versi distronya sesuai dengan iso yang kalian punya, setelah itu klik next. 
7   7. Setelah kalian mengklik tombol next kalian akan di arahkan ke perintah pengisian kapasitas RAM. Isilah kapasitas pada area yang hijau saja (recommended).





8    8. Setelah pemberian kapasitas RAM klik next yang mana kalian akan di arahkan ke perintah type file hardisk kemudian kita pilih VHD lalu klik next.

9   9. Lalu kalian akan di arahkan ke pilihan storage on physical hardisk maka pilihlah yang dynamic lalu klik tombol next.


1  10. Setelah itu kalian akan di arahkan pada setting nah di setting kalian pilih opsi storage kemudian di situ ada pilihan IDE dan SATA kita pilih yang IDE. Kemudian kita klik yang empty.


1  11. Kemudian pilih virtual disk file. Dan carilah letak dimana kalian menaruh file ISO nya. Lalu klik open.

1  12. Kemudian kalian akan muncul tampilan seperti dibawah ini, lalu klik ok.

1  13. Setelah itu akan muncul display yang sudah kita setting tadi.

1  14. Lalu klik start maka akan muncul tampilan load Ubuntu Tunggu hingga prosses selesai.

1  15. Kemudian setelah itu pilihlah bahasa. Disini saya memilih bahasa English. Nah langkah selanjutnya adalah klik install Ubuntu. 

1  16. Setelah itu akan muncul prosses preparing to install Ubuntu. Ada beberapa opsi tapi jangan di beri ceklist pada opsi tersebut langsung saja klik continue.

1  17. Setelah itu akan diarahkan pada installation type, ada beberapa opsi maka kalian klik opsi erase disk and install Ubuntu, lalu klik install now.

1  18. Kemudian akan muncul pesan write and change the disk. Kita klik continue saja.

1  19. Kemudian akan muncul where are you dimana ini digunakan untuk mengindentifikasi zona waktu kita. Pilih zona Jakarta kemuadian klik button continue.

2   20. Kemudian akan di arahkan pada pengidentifikasian keyboard layout. Kita pilih yang English-english, lalu klik continue.

2  21. 21. Kemudian langkah selanjutnya identifikasi who are you. Isikan semua informasi yang di butuhkan. Ingat ingat passwordnya dan usernamenya karena ini sangat penting ketika kita ingin menjalankan perintah di terminal nantinya. Lalu klik continue.

2  22. 1.      Kemudian tunggu hingga prosses finishing pengintallan selesai.

2  23. Setelah itu aka nada perintah untuk merestart. Maka restart lah. 

    24. Untuk mengechek kembali mari kita buka terminal dan chek 


   Nah itu merupakan cara penginstallan linux menggunakan virtualbox. tidak begitu sulit dan tidak memerlukan waktu yang lama asalkan RAM memenuhi standart. selamat mencoba, nantikan postikan kami selanjutnya
































EmoticonEmoticon