-->
logo blog

Sunday 12 March 2017

pengertian Adder / Subtractor dan Decoder / Encoder


Bagi anda yang sudah berkecimpung dalam dunia elektro pasti sudah tidak asing dengan kata kata ini , yay semoga ilmu yang saya punya ini bisa menambah wawasan bagi yang sudah mengetahui dan bagi yang belum mengetahui sama sekali .

Subtraction/Pengurangan adalah operasi matematika yang satu nomor integer dikurangi dari yang lain untuk mendapatkan kuantitas setara.
Jumlah yang nomor lain yang harus dipotong disebut sebagai minuend dan jumlah dikurangkan dari minuend disebut pengurang. Mirip dengan penambahan biner, pengurangan biner juga memiliki empat operasi alternatif yang mungkin.

Subtractor atau pengurang adalah rangkaian elektronika digital yang dipakai untuk melakukan operasi pengurangan dari dua buah bilangan biner. Proses operasi pengurangan ini menggunakan prinsip dasar yang sama dengan rangkaian Penjumlah biner.
Jika dua buah angka: Xi dan Yi dikurangkan satu sama lain membentuk Xi -Yi, maka akan kita perolah dua buah hasil di bagian outputnya: bit Beda ('Difference) Di dan bit Pinjaman (Borrow) Bi+1. Jika kita juga mengikutkan bit pinjaman, Bi dari bagian MSB (Most Significant Bit), operasi pengurangan yang lengkap adalah BiXi - Yi. Operasi untuk mendapatkan dua bit output akan mengikuti proses seperti di bawah ini:



Substractor biasanya di implementasikan dengan binary adder menggunakan standard two's complement notation. Dengan menyediakan pilihan penambahan/pengurangan yang digunakan sebagai carry-in dan invert(pembalik) dari operan kedua nya.


Encoder & Decoder

Encoder adalah proses mengubah input berbasis 10 (desimal) menjadi data digital berbasis binary, pada saat kita menekan angka 9 pada sebuah tuts/tombol (selain keyboard & keypad karena keduanya menggunakan mekanisme matriks keyboard) maka rangkaian akan meneruskan kepada processor data biner dari angka 9 yaitu 1001. Data 1001 tersebut diterima dan bisa dibaca oleh processor.
Decoder adalah lawan dari encoder, fungsinya mengubah input binary menjadi output desimal, setelah processor menerima data binary, maka data tersebut diteruskan ke dalam display yang berupa monitor, LCD maupun seven segment dan membentuk tulisan desimal yang mudah dibaca oleh manusia.

Encoder adalah suatu perangkat yang berfungsi untuk mengubah (konfersi) bentuk sinyal decimal menjadi biner.
Encoder  terdiri dari beberapa input line . salah satu dari input-input tersebut diaktifkan
Pada waktu tertentu yang selanjutnya akan menghasilkan kode output N-bit rangkaian encodermerupakan aplikasi dari gerbang or.
Sebuah priority encoder adalah rangkaian encoder yang mempunyai fungsi prioritas, operasi dari rangkaian priority encorder adalah sebagai berikut:
Jika ada dua lebih input bernilai “1” pada saat yang sama, maka input yang mempunyai prioritas tertinggi yang akan diambil.

Digital Encoder

Encoder dalam contoh ini adalah encoder desimal ke BCD (Binary Coded Decimal) yaitu rangkaian encoder dengan input 9 line dan output 4 bit data BCD. Dalam mendesain suatu encoder kita harus mengetahui tujuan atau spesifikasi encoder yang diinginkan yaitu dengan :
Membuat tabel kenenaran dari encoder yang ingin dibuat
Membuat persamaan logika encoder yang diinginkan pada tabel kebenaran menggunakan K-Map
Mengimplemenstasikan persamaan logika encoder dalam bentuk rangkaian gerbang logika digital

Decoder adalah suatu perangkat yang berfungsi untuk mengubah bentuk sinyal biner menjadi decimal.
ada beberapa macam rangkaian decoder yaitu:
-Decoder  3 x 8  (3 input dan 8 output line)
-Decoder  4 x 16
-Decoder  BCD  to Decimal (4 bit input dan 8 output line)
-Decoder  BCD  to 7 Segment (4 bit input dan 8 output line)
khusus untuk BCD to 7 segment mempunyai prinsip kerja yang berbeda dengan decoder yang lain, dimana kombinasi dari setiap inputnya dapat mengaktifkan beberapa output line-nya (bukan sala satu line).

Sedikit saran dari saya , jika anda  ingin belajar bahasa mesin elektronika , tetap lah selalu menjaga prinsip dan yakin bisa , karna tidak ada yang tidak mungkin selagi kita mampu untuk belajar , semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda sekian dan terimaksih .


EmoticonEmoticon