-->
logo blog

Thursday 19 January 2017

Memahami Fungsi IF tunggal dan Fungsi IF lebih dari 2 syarat pada ms.excel




Pernah kah kalian mendengar fungsi if ? buat kalian yang baru mengenal dan sedang mencari infomasi tentang perngertian apa itu fungsi if ? baik saya akan sedikit jelaskan apa itu fungsi if .
Fungsi IF
Fungsi ini digunakan untuk menguji syarat syarat tertentu , apakah syarat tersebut terpenuhi , atau mungkin sebaliknya yaitu syarat tidak terpenuhi , dalam fungsi IF ini di bagi menjadi 2 bentuk , mari kita bahas satu persatu .

1. fungsi IF tunggal

If tunggal biasanya memiliki 2 kondisi dengan dua nilai hasil yang dapat di selesaikan dengan menggunakan 1 fungsi if saja.
-Bentuk: IF(Logika;nilai jika syarat benar;nilai jika syarat salah)

Logika, diisi dengan nilai yang dapat di uji untuk menghasilkan nilai benar atau salah , dalam pengisian logika ini kondisi dan syarat harus menggunakan operator pembanding.

Nilai jika syarat benar, syarat yang di hasilkan yaitu jika nilai yang di hasilkan bernilai benar . untuk nilai benar bertipe teks, diapit dengan tanda petik ganda (“ “), sedangkan untuk tipe angka tidak menggunakan tanda petik.

Nilai jika syarat salah,  diisi dengan nilai yang di hasilkan jika logika bernilai salah.


2. fungsi if lebih dari 2 syarat

Fungsi if ini bisa juga di gunakan untuk menyelesaikan kasus yang memiliki kondisi dan syarat yang lebih dari 2 syarat .
Bentuk:  IF(logika1;nilai jika logika1 benar;IF(logika2;nilai logika2 benar;…;nilai jika semua syarat salah)))

Logika1,logika2,logika3   Diisi dengan nilai yang dapat di uji untuk menghasilkan nilai benar atau nilai salah.

Nilai jika syarat 1 benar , nilai jika syarat 2 benar   Berisi nilai yang akan di hasilkan bila logika yang di uji bernilai benar dan argumen ini di hilangkan , maka nilai benar yang akan di tampilkan

Nilai jika syarat 1 salah , nilai jika nilai syarat 2 salah   Adalah argumen yang berisi nilai yang akan di hasilkan bila logika yang di uji bernilai salah . jika nilai yang di uji bernilai salah dan argument ini di hilangkan , nilai salah yang akan di tampilkan di layar.

Baik itu lah pengenalan singkat tentang FUNGSI IF pada ms.excel , dan jika masih belum mengerti silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar sekian dan terimakasih semoga bermanfaat .
Assallamualikum wr wb
.


EmoticonEmoticon