-->
logo blog

Friday 22 March 2019

Cara membuat clustering k-means dengan RapidMiner Studio



GIGAnesia - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Clustering k-means RapidMiner, sebelum kita melangkah lebih jauh bagaimana Cara membuat clustering k-means dengan RapidMiner Studio, saya akan menjelaskan sejacara singkat Apa itu Clustering, Apa itu RapidMiner Studio.

Apa itu Clustering

Clustering adalah metode penganalisaan data, yang sering dimasukkan sebagai salah satu metode Data Mining, yang tujuannya adalah untuk mengelompokkan data dengan karakteristik yang sama ke suatu 'wilayah' yang sama dan data dengan karakteristik yang berbeda ke 'wilayah' yang lain.

Mungkin anda sudah tidak asing dengan nama Clustering bukan, atau anda pernah mendengar komplek perumahan dengan sebutan Cluster? Yaa inti dari kata Cluster adalah mengelompokan suatu hal yang sama dengan satu wilayah.

RapidMiner Studio

Software untuk persiapan data, pembelajaran mesin, pembelajaran dalam, penambangan teks, dan analisis prediktif. Hal ini digunakan untuk bisnis dan komersial, juga untuk penelitian, pendidikan, pelatihan, rapid prototyping, dan pengembangan aplikasi serta mendukung semua langkah dalam proses pembelajaran mesin termasuk persiapan data, hasil visualisasi, validasi model, dan optimas.

Jika kalian belum menginstal RapidMiner Studio silahkan untuk instal di web resminya disini

Cara membuat clustering k-means dengan RapidMiner Studio

      1.       Pertama kita siapkan data terlebih dahulu, bisa kita gunakan ms excel untuk membantu data yang akan kita buat agar lebih teratur

      2.       Jalankan RapidMiner yang sudah anda instal
      3.       Cari operator Baca CSV di panel Operator
      4.       Seret ke panel Proses


      5.       Hubungkan Out Operator ke Res
      6.       Klik pada Import Configuration Wizard di panel Parameter


      7.       Pilih file yang sudah dibuat pada ms excel tadi lalu klik next-finish
      8.       Cari operator Select Attributes dan
      9.       Seret ke panel Proses

       MASIH HANGAT


     Cara membuat Clustering K-means

    10.   Di panel Parameter, klik menu dropdown Jenis atribut Filter dan pilih SINGLE  sehingga kita dapat mengisolasi hanya satu atribut dalam kumpulan data

    11.   Di menu turun bawah Atribut, pilih Training Course untuk memberi tahu RM bahwa itu adalah atribut yang ingin kita isolasi

    12.   Klik pada kotak centang Invert Selection untuk menunjukkan bahwa kita ingin mengecualikan Training Course dalam perhitungan yang sebenarnya


    13.   Selanjutnya, cari operator Set Peran dan seret ke kanan Select Attributes
    14.   Hubungkan operator melalui node Exa mereka
    15.   Di panel Parameter, klik menu dropdown Nama Atribut dan pilih Pemohon

    16.   Klik menu dropdown Target Peran dan pilih ID. Ini akan membuat variabel Pemohon sebagai pengidentifikasi semua pengamatan, sehingga kita tidak hanya mendapatkan hasil anonim


    17.   Cari operator Normalisasi dan seret ke kanan operator Set Role. Hubungkan melalui node Exa. Kita tidak perlu mengubah parameter apa pun untuk saat ini. Normalisasi digunakan sehingga tidak ada atribut tertentu yang akan terlalu mempengaruhi pengelompokan.

    18.   Cari operator K-means dan seret ke kanan operator Normalisasi. Hubungkan keduanya melalui porta Exa. Hubungkan port Clu operator K-means ke port Res panel Proses ke kanan.


    19.   Jika sudah tekan F11 pada keyboard anda untuk melihat hasilnya apakah ada eror atau tidak.
    20.   Jika sudah tidak eror selamat Clustering k-means RapidMiner sudah selesai

Anda juga bisa melihat hasil yang lainnya seperti Cluster Model, Folder view dll.
Oke itu lah pembahasan mengenai Cara membuat clustering k-means dengan RapidMiner Studio, Clustering k-means RapidMiner,Cara membuat Clustering K-means.

1 komentar:

permisi admin.
Bagi mahasiswa yang perlu source code php, natif maupun framework bermetode AHP, SAW, Smart, Topsis, Fuzzy Logic, K-Means, Bayes dan lain-lain bisa kunjungi situ saya di :
https://code-skripsi.blogspot.com/

Terima kasih


EmoticonEmoticon