-->
logo blog

Wednesday 21 November 2018

Teknologi yang perlu di pelajari untuk menghadapi Era industri 4.0



Bicara tentang teknologi memang tidak ada habisnya betul? Jika kita mengikuti perkembangan teknologi dari masa ke masa sudah di pastikan tidak bakal kaget dengan perkembangan yang ada, beda hal nya dengan orang yang baru mengenal teknologi mungkin sedikit kaget dan susah untuk di pelajari, mengapa? Teknologi ibarat gaya hidup manusia yang tiap waktu selalu berubah dari yang baik menjadi yang terbaik, mungkin seperti itu gambaran mengenai perkembangan teknologi jika di contoh kan pada manusia.

Oke sedikit informasi bahwa teknologi hampir dari tahun ke tahun mempunyai pembaharuan yang bisa di katakan sangat signifikan perkembangannya. Bukan tanpa sebab, mengapa? Karena teknologi mengikuti kemampuan dan kebutuhan manusia.

Mari kita langsung saja ke point utama, kira kira teknologi apa saja yang perlu di ketahui untuk menghadapi era 4.0 sekarang ini? Berikut lebih jelasnya.

1.       Artificial Intelligence (AI)


Pada point pertama yaitu AI siapa sih yang tidak mengenal teknologi ini? Memang teknologi bukan hal baru atau hal yang baru saja muncul, akan tetapi untuk menghadapi era sekarang ini, teknologi AI sangat lah penting.
Lalu apa sih pengertian dan maksud dari teknologi AI ini?

Secara awam, Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan yaitu suatu studi khusus di mana tujuannya utamanya adalah membuat komputer berpikir dan bertindak seperti halnya manusia. Dengan kata lain adalah penyederhanaan solusi untuk kasus-kasus yang bersifat kompleks dan berulang-ulang, mempermudah interaksi orang awam melalui teknologi, meningkatkan produktifitas, lebih cepat menyelesaikan masalah, dimungkinkannya penggabungan dua atau lebih teknologi para pakar.

Berikut secara singkat trend pada teknologi AI ini
·         Speech Recognition

Pengenalan ucapan, kelak teknologi ini akan mampu membaca suara manusia menjadi format yang bisa diterapkan dalam kerja komputer, contoh yang saat ini adalah seperti pengenalan suara berdasarkan perintah suara menjadi lebih interaktif dan untuk aplikasi mobile. Kalau ente lihat Siri, Cortana dan Google Now itu adalah contoh sederhananya. Sedangkan NICE, Nuance Communications, OpenText dan Verint Systems adalah deretan pengembang teknologi ini.

·         Machine Learning Platforms

Mesin pintar yang mampu bekerja sendiri berdasarkan kecerdasan buatan. Kedepan teknologi ini harus bisa mempermudah kerja manusia. Dengan menyediakan API (antarmuka pemrograman aplikasi), alat pengembangan dan pelatihan, data base besar, aplikasi-aplikasi dan mesin lainnya, platform pembelajaran mesin, setiap hari kedepannya semakin menjanjikan dan semakin menarik. Memprediksi atau klasifikasi adalah hal yang saat ini bisa dimanfaatkan dari teknologi ini.
     
·         Virtual Agents

Tidak diragukan lagi, hadirnya Virtual Agents ini mengalami kebangkitan yang luar biasa perihal 'bots obrolan' mengalami kebangkitan yang pesat, kemajuan teknologi dan inovasi nya makin diperhitungkan. Virtual Agents banyak digunakan sebagai layanan pelanggan dan dukungan sebagai smart home manager. Beberapa perusahaan yang menyediakan agen virtual meliputi Amazon, Apple, Solusi Buatan, AI Assist, Creative Virtual, Google, IBM, IPsoft, Microsoft, Satisfi.

2.       Big Data


Big data bukan lah hal yang aneh jika kita mengikuti perkemabangan teknologi sebelumnya, seiring berkembangannya smartphone, big data sangat lah bertambha pesat ke eksisannya, apa anda pernah berpikir jika anda chat,update status di sosmed dll tulisan tulisan anda akan berkumpul dimana? Mungkin anda setelah membaca tulisan ini baru memikirkan “ lha iya ya kemana ya tulisan tulisan yang saya ketik itu berkumpulnya” apa anda pernah berpikir bahwa data data anda akan berterbangan di langit layaknya angin? Hehe

Mengapa Big Data Penting?
Pentingnya Big Data, tidak hanya berputar pada jumlah data yang organisasi miliki, tetapi hal yang penting adalah bagaimana mengolah data internal dan eksternal. Kita dapat mengambil data dari sumber manapun dan menganalisanya untuk menemukan jawaban yang diinginkan dalam bisnis seperti: 1) pengurangan biaya; 2) pengurangan waktu; 3) pengembangan produk baru dan optimalisasi penawaran produk; dan 4) pengambilan keputusan yang cerdas.

Potensi Big Data
Jumlah data yang telah dibuat dan disimpan pada tingkat global hari ini hampir tak terbayangkan jumlahnya. Data tersebut terus tumbuh tanpa henti. Artinya, Big Data memiliki potensi tinggi untuk mengumpulkan wawasan kunci dari informasi bisnis. Sayangnya sampai saat ini, baru sebagian kecil data yang telah dianalisis. Big Data dalam bisnis menjadi strategi yang baik dalam mengolah informasi mentah menjadi keuntungan yang terus mengalir ke organisasi bisnis setiap hari.

3.       Internet of Things (IoT)


Internet of Things (IoT) adalah teknologi yang sedang ngetren, benul?

Dari level mahasiswa hingga programmer senior, mereka mulai mempelajari IoT, baik dari sisi hardware maupun softwarenya.

Bisa Anda amati, pelatihan, seminar, atau workshop IoT mulai ramai, dari yang gratis hingga yang jutaan rupiah. Apa yang didapat? Banyak! Dari sekedar mendapatkan insigh dan informasi ttg IoT, sertifikat, hingga workshop dengan gratis hardwarenya. Artinya, IoT mulai ramai dibahas di seantero dunia.

Bahkan ketika mengikuti seminar di salah satu kampus besar di Malang, kepala BRTI (Dr. Imam Nashirudin) menyarankan agar nama jurusan yang sepi peminat (di elektro & ilkom) agar di-rename menjadi Jurusan Big Data, jurusan Internet of Things, jurusan Data Science, dan bidang-bidang yang lagi banyak dibutuhkan.

4.       Teknologi Blockchain


Blockchain adalah sebuah teknologi yang dikenalkan bersama dengan Bitcoin oleh salah satu seorang atau kelompok yang menamakan dirinya Satoshi Nakamoto yang mana awalnya teknologi ini di gunakan untuk mencatat transaksi keuangan dari bitcoin.

Simple nya blockchain adalah struktur data yang tidak dapat dirubah hanya bisa di tambahkan saja. Setiap data dari blockchain ini saling terhubung dimana kalau ada terjadi perubahan di salah satu block data maka akan berpengaruh terhadap data yang selanjutnya.

Dengan blockchain ini setiap transaksi dari bitcoin di simpan dalam sebuah Open Ledger ( Buku Besar ) yang di distribusikan ke dalam jaringan bitcoin. Setiap blockchain ini akan di bagikan copy datanya kepada setiap komputer yang terhubung pada jaringan tersebut. Pada setiap penambahan data akan ada pengecekan apakah datanya valid atau tidak yang biasanya proses ini disebut dengan mining atau di kenal dalam istilah lain Proof of work.

Yaps itu lah beberapa teknologi pada era 4.0 yang sekiranya dapat menambah wawasan anda, dan membantu anda untuk mempelajari teknologi pada era sekarang ini, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon